Pasca Penen Udang Vanamei (Litopenaeus vannamei)


Pasca Penen Udang Vanamei (Litopenaeus vannamei)

1.1       Tahapan Pasca Panen Udang Vanamei
            Tahapan pasca panen untuk udang vanamei diantaranya:
1.              Udang yang telah disortir berdasarkan kualitas dan ukuran tersebut ditiriskan kemudian ditimbang.
2.              Memasukkan udang ke dalam wadah dengan rapi, lalu tambahkan es curah dengan perbandingan 1 : 1. Model penyusunan udang berlapis-bertumpuk (antara es-udang-es-udang-es).
1.2       Pemasaran Udang vaname
Udang Vanname (Litopenaeus vannamei) memberikan kontribusi ekspor Indonesia. Udang segar atau kupas pesaing pasar Indonesia masih udang yang berasal dari Thailand, Cina dan Vietnam, dan untuk udang dalam kaleng adalah udang yang berasal dari Thailand, Bangladesh, Cina, Vietnam, India dan Filipina. Eksportir udang Indonesia lebih menyukai pasar ekspor Jepang dibandingkan Amerika Serikat karena harga yang lebih tinggi, prosedur ekspor yang mudah dan ketatnya kebijakan pemasaran dan impor Amerika Serikat khususnya terkait dengan HACCP. Struktur ekspor udang Indonesia menunjukkan bahwa ekspor ke Jepang mencapai sekitar 81 % dan ke Amerika Serikat hanya sekitar 5 %. Saat ini, Indonesia mempunyai keunggulan komparatif perdagangan udang terhadap AS. Permintaan impor Amerika Serikat terhadap udang beku dari Indonesia diperkirakan akan meningkat hingga sekitar 15,49000 ton, dengan nilai sekitar US$ 200,97 juta dan harga sekitar US$ 12,97/kg, pada tahun 2005 mendatang. Indonesia mempunyai peluang yang baik untuk meningkatkan kemampuan bersaing dengan pesaing pasar udang beku di Amerika Serikat Amerika Serikat. Untuk meraih peluang itu, kebijakan operasional spesiflk diperlukan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas petambak dan nelayan udang, koperasi dan usaha skala kecil menengah lainnya, karena saat ini mereka mempunyai kontribusi yang besar terhadap produksi dan ekspor udang Indonesia.berikut ini adalah beberapa contoh untuk biaya operasional dan biaya produksi untuk udang vanamei yang terlihat pada gambar 1, diantaranya:

Gambar 1. Biaya Operasioanal Budidaya Udang Vanamei 

Daftar Pustaka

Bahrudin. 2014. Budidaya Udang Vanamei (Tambak Semi Intensif Dengan Instalasi Pengelohan Air Limbah). WWF Indonesia. Jakarta.
Ismayanti, Erika. 2017. Manajemen Usaha Budidaya Udang Vanamei (Litopenaeus vannamei) (Studi Kasus Tambak PT. Beroro Jaya Vannamei Dikabupaten Konawe Selatan). Skripsi.Universitas Halu Oleo.

Komentar